Usia
lebih dari 5 tahun untuk kendaraan sebenarnya boleh dibilang rawan aus pada
spare part. Tetapi, tak berarti tunggangan tua renta. Pastinya, dengan
perawatan yang baik kondisinya akan tetap fit dan stabil.
Sperti
pada skutik dengan transmisi ber-CVT ini. Beberapa komponen di dalamnya akan
aus termakan usia tentunya. Komponen paling utama sebenarnya ada dua, yautu
belt CVT dan roller, sebab bagian ini yang lebih rentan dibandingkan komponen
lainnya.
Pada
belt sendiri, mumnya akan memerlukan penggantian pada saat sudah menempuh jarak
sekitar 20ribu kilometer, biasanya sisi kiri, kanan, dan belakang belt akan
termakan. Yang sering biasanya terjadi keretakan juga. Jika sudah terjadi
keretakan pastinya lebih baik diganti dengan belt baru.
Sedangkan
roller, walaupun bentuknya bulat, tetapi umumnya akan tergesek pada salah satu
sisinya saja, karena pergerakan yang terus menerus. Piranti ini pun segera
diganti jika sudah aus.
Emudian
perhatikan juga secondary pulley, ini pun cukup diperiksa saja, karena
kemungkinan besar tak terjadi kerusakan. Jika perawatan dilakukan dengan rutin,
usia motor yang sudah cukup lama ini tak akan terasa oleh penggunanya. Sebab,
semuanya sudah kembali ‘segar’ seperti tunggangan baru.
SUMBER : OtoTrend
(Dilarang Mencopas tanpa seijin dan tanpa menyertai asal sumber artikel tersebut. Hak Cipta dilindungi oleh UU dan Allah SWT)
ttd
CTN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberikan Komentar, Saran, Kritik, Masukan atas Artikel diatas. ^_^
Dimohon untuk tidak mengunakan akun anonim.
No Spam please!
Assalamualaikum