Terbayang jika fungsi rem tangan kurang oke? Jeep ditinggal parkir di tanjankan, pas pulang sudah hilang L . bukan dimaling, tapi jalan sendiri ke bawah. Apalagi buat aplikasi off-road ang rem tangannya kerap terendam lumpur dan air. Buat yang sering beradventure, kini ada teknik murah meriah mengatasinya. Adopsi saja rem cakram motor dan dipasang di yoke kopel.
Punggawa
specialist 4x4 punya teknik jitu lagi. “Sebenarnya iseng aja,” ujar Ian Suwarko
merendah. Prinsipnya, piringan rem motor (depan) dimanfaatkan sebagai peranti
rem tangan. Bahannya diambil dari discbrake Honda Astrea Supra, lanjut pemilik
Jimmy Jangkrik Off Road ini.
Bahannya
tak mahal, kok. Untuk seperangkat lengkap ; cakram, kaliper plus reservoir atau
tabung minyak, dijual sekitar Rp 500rb (bekas). Kalau kurang puas, bisa beli
baru. Cara pemasangannya sederhana, letakkan di antara as kopel dan transfer
case.
Sebelum
dimulau, perlu membuat bracket dudukan kaliper. Sedangkan cakramnya dipasang ke
empat baut yoke yang sudah dimodif supaya klop. Misalnya, di tengah piringan
ditambah pelat besi setebal kira-kira 1 cm. Bracket tadi dilas atau bisa juga
dibaut pada casing transfer case, jelas Ian.
Lantas
tabuhng minyak rem bisa diletakkan di mana saja,. Di jangkrik milik Ian,
dipasang dekat handel rem tangan. Kemudian slang saluran minyak diteruskan ke
bawah melalui dek. Sederhana, kan?
SUMBER :
JIP “02.
(Dilarang Mencopas tanpa menyertai asal sumber artikel tersebut. Hak Cipta dilindungi oleh UU dan Allah SWT)
ttd
CTN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberikan Komentar, Saran, Kritik, Masukan atas Artikel diatas. ^_^
Dimohon untuk tidak mengunakan akun anonim.
No Spam please!
Assalamualaikum