Search Engine

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Caruban To Night by Email

JANGAN LUPA, BILA ANDA TERTARIK DENGAN INFO-INFO YANG DISAJIKAN. BERLANGGANAN LEWAT EMAIL AGAR ANDA BISA MENDAPAT INFO-INFO CTN LANGSUNG KE EMAIL ANDA. ^_^

Jumat, 17 Mei 2013

Cakram Motor Buat Jeep


            Terbayang jika fungsi rem tangan kurang oke? Jeep ditinggal parkir di tanjankan, pas pulang sudah hilang L . bukan dimaling, tapi jalan sendiri ke bawah. Apalagi buat aplikasi off-road ang rem tangannya kerap terendam lumpur dan air. Buat yang sering beradventure, kini ada teknik murah meriah mengatasinya. Adopsi saja rem cakram motor dan dipasang di yoke kopel.
            Punggawa specialist 4x4 punya teknik jitu lagi. “Sebenarnya iseng aja,” ujar Ian Suwarko merendah. Prinsipnya, piringan rem motor (depan) dimanfaatkan sebagai peranti rem tangan. Bahannya diambil dari discbrake Honda Astrea Supra, lanjut pemilik Jimmy Jangkrik Off Road ini.
            Bahannya tak mahal, kok. Untuk seperangkat lengkap ; cakram, kaliper plus reservoir atau tabung minyak, dijual sekitar Rp 500rb (bekas). Kalau kurang puas, bisa beli baru. Cara pemasangannya sederhana, letakkan di antara as kopel dan transfer case.
            Sebelum dimulau, perlu membuat bracket dudukan kaliper. Sedangkan cakramnya dipasang ke empat baut yoke yang sudah dimodif supaya klop. Misalnya, di tengah piringan ditambah pelat besi setebal kira-kira 1 cm. Bracket tadi dilas atau bisa juga dibaut pada casing transfer case, jelas Ian.
            Lantas tabuhng minyak rem bisa diletakkan di mana saja,. Di jangkrik milik Ian, dipasang dekat handel rem tangan. Kemudian slang saluran minyak diteruskan ke bawah melalui dek. Sederhana, kan?
SUMBER : JIP “02.


(Dilarang Mencopas tanpa menyertai asal sumber artikel tersebut. Hak Cipta dilindungi oleh UU dan Allah SWT) 
ttd 
CTN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar, Saran, Kritik, Masukan atas Artikel diatas. ^_^

Dimohon untuk tidak mengunakan akun anonim.

No Spam please!

Assalamualaikum

Traffic Visit