Search Engine

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Caruban To Night by Email

JANGAN LUPA, BILA ANDA TERTARIK DENGAN INFO-INFO YANG DISAJIKAN. BERLANGGANAN LEWAT EMAIL AGAR ANDA BISA MENDAPAT INFO-INFO CTN LANGSUNG KE EMAIL ANDA. ^_^

Jumat, 17 Mei 2013

REM, SAFETY YANG KADANG TAK DIHIRAUKAN


            Pernakah anda mendengar tentang kecelakaan dengan sebab rem blong? Kalau anda jawab sering berarti anda sering baca berita.hehehe. J.
            Rem adalah system pada kendaraan yang berfungsi untuk
menghentikan laju kendaraan. Terdiri dari dua jenis. Mekanik dan hidrolik. Mekanik berarti tuas lem langsung terhubung dengan sendi dan kampas rem. Sedangkan hidrolik menggunakan selang yang terisi cairan fluida yang menggunakan prinsip tekanan, saat tuas ditekan maka cairan fluida akan menekan kampas rem.
            System Pengereman adalah sektor yang paling sering diabaikan oleh para pengguna kendaraan. Akibatnya banyak terjadi kecelakaan akibat rem yang tidak berfungsi alias blong. Padahal Rem adalah perangkat Safety paling rawan dan harus dirawat secara rutin. Jika tidak, bisa berbahaya.
            Pada rem mekanik(pada sepeda angin, motor(tromol)), terdiri dari :
-          tuas rem,
-          sendi(pada sepeda angin dihubungkan dengan kabel rem),
-          dan kampas rem.
Harus terhindar dari karat dan kampas rem harus dalam kondisi baik. Tidak boleh aus dan kotor. Cara merawatnya dengan cara memeriksa kondisi kabel, sendi, tuas dan kampas apakah dalam kondisi baik atau sudah harus diganti. Bila kabel dan kampas sudah harus diganti, secepatnya diganti agar kendaraan masih safety.
Pada rem hidrolik(pada mobil dan motor(cakram), terdiri dari :
-          tuas rem,
-          selang rem,
-          cairan fluida,
-          tromol(pada mobil umumnya),
-          cakram(pada motor cakram dan mobil sport atau balap),
-          dan kampas rem.
Tidak boleh sampai kehabisan kampas, cairan, dan cakram. Kampas yang habis pada system rem cakram akan membuat besi pada kampas rem yang aus langsung bersenggholan dengan cakram dan akan mengikis cakram karena besi. Ini berbahaya apalagi kalau rem mendadak dan terlalu lama, akan membuat kerusakan pada cakram dan membuat besi kampas rem lepas dan membuat laju(pada motor) berhenti mendadak dan timbullah kecelakaan. Lain lagi pada cairan fluida yang habis, membuat system rem tidak berfungsi total karena tidak ada media yang dapat menekan kampas rem, dan membuat rem blong.
Tahukah anda? Seberapa safety kendaraan yang kita kemudikan adalah tergantung sikap kita, yang safety terhadap kendaraan dan kesadaran diri.
Ingat, keluarga menunggu di rumah dan jangan membuat anda mati sia-sia di jalanan. Kata polisi, Lingkungan yang paling tidak aman adalah Jalan Raya.


(Dilarang Mencopas tanpa menyertai asal sumber artikel tersebut. Hak Cipta dilindungi oleh UU dan Allah SWT) ttd CTN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar, Saran, Kritik, Masukan atas Artikel diatas. ^_^

Dimohon untuk tidak mengunakan akun anonim.

No Spam please!

Assalamualaikum

Traffic Visit